Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Pemerhati dan pelaku pembangunan ulang Pasar tradisional. Ya, itulah saya, yang 5 tahun terakhir konsen untuk mendedikasikan aktivitas bisnis dan Grup usaha dalam rangka melayani pedagang tradisional untuk mendapatkan haknya kembali menikmati Pasar Tradisional yang bersih, nyaman dan aman, layaknya Pasar Modern lainnya. Mereka bisa, seharusnya PASAR TRADISIONAL juga BISA!!!!!!! ITQONI GROUP sudah membuktikannya DUA KALI!!!!

Jumat, 15 Mei 2009

90% Pasar Tradisional Mengenaskan

Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) mencatat setidaknya dari kurang lebih 13.450 pasar tradisional yang tersebar seluruh di Indonesia, hampir 90% berada dalam kondisi kritis. Sedangkan sisanya sebanyak 10% berada dalam kondisi relatif baik.

ADVERTISEMENT

Demikian disampaikan oleh Sekjen APPSI Ngadiran saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (15/5/2009).

"Dari 13.450 pasar tradisional di Indonesia, hanya  10% yang kondisinya layak  untuk transaksi jual beli," imbuhnya.

Menurutnya 10% pasar tradisional itu kondisinya cukup layak yaitu tidak becek, tidak bau, memiliki fasilitas parkir, fasilitas umum MCK, tersedianya taman dan lain-lain. Sedangkan sisanya memiliki kondisi yang mengenaskan.

Batalnya stimulus revitalisasi pasar pada tahun ini, lanjut Ngadiran, seperti petir yang menyambar di siang bolong. Padahal kata dia, para pedagang pasar sebelumnya sangat menyambut sumringah rencana revitalisasi tersebut.

Kondisi pasar tradisional yang memprihatinkan itu, secara langsung telah menggerus omset pedagang pasar yang rata-rata setiap tahun mengalami penurunan omset hingga  40%, jika  dibandingkan era tahun 1990-an lalu.

"Sekarang masyarakat memang datang tapi belanjanya sedikit. Ada juga dari  mereka yang datang karena kangen untuk bernostagia saja ke pasar tradisional," keluhnya.

Ia memperkirakan untuk memperbaiki kondisi pasar tradisional yang jumlahnya hingga belasan ribu dalam kondisi kritis setidaknya membutuhkan anggaran hingga Rp 11 triliun dengan asumsi setiap pasar menelan dana Rp 1 miliar.

"Jangankan Rp 200 miliar, Rp 5 triliun pun nggak bakal cukup," imbuhnya.

1 komentar:

Irwan Khalis mengatakan...

Peluang kerjasama Government Private Partnership sanag terbuka lebar. Kalau andalkan APBD sungguh jauh dari kamampuan.. Rasanya ada solusi financing non APBD..
Asal dengan Developer yg punya visi selaras dengan kemampuan pedagang tradisional, yang berpihak sama pedagang tanpa meninggalkan kepentingan stakeholders lainnya (investor, perbankan dan masyarakat pengguna lainnya)