Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Pemerhati dan pelaku pembangunan ulang Pasar tradisional. Ya, itulah saya, yang 5 tahun terakhir konsen untuk mendedikasikan aktivitas bisnis dan Grup usaha dalam rangka melayani pedagang tradisional untuk mendapatkan haknya kembali menikmati Pasar Tradisional yang bersih, nyaman dan aman, layaknya Pasar Modern lainnya. Mereka bisa, seharusnya PASAR TRADISIONAL juga BISA!!!!!!! ITQONI GROUP sudah membuktikannya DUA KALI!!!!

Senin, 07 Desember 2009

Nielsen: Pasar Modern dan Tradisional Tumbuh 10% di 2010

Lembaga Riset PT AGB Nielsen Media Research (Nielsen) memprediksi angka pertumbuhan penjualan pada pasar-pasar tradisional dan modern di Indonesia tahun 2010 bakal meningkat 10 persen. Kontribusi penjualannya masih dominan di pasar modern yang akan meningkat hingga 20 persen dan pasar tradisional sendiri hingga 7 persen.

Demikian dikatakan oleh Director Retailer Services Nielsen, Yongky Susilo dalam Konferensi Pers Paparan Tahunan Nielsen di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (08/12/2009).

"Kita prediksi penjualan pasar total yakni modern dan tradisional bisa tumbuh 9-10 persen," ujarnya.

Ia mengatakan tahun 2009 sendiri target pertumbuhan penjualan untuk pasar tradisional 3 persen atau mengalami penurunan yang sangat signifikan dari tahun lalu yang 20 persen.

"Hal ini disebabkan karena rendahnya daya beli masyarakat yang juga rendah karena krisis global dan tingkat inflasi yang berada di posisi 2%, sedangkan untuk pasar modern 27 persen," katanya.

Semakin pesatnya pertumbuhan minimarket, lanjut Yongky, akan menjadi daya tarik tersendiri tahun 2010 dengan pangsa pasar 20%.

"Namun pasar tradisional dengan pangsa pasar 80% masih akan menjadi tujuan utama para konsumen di Indonesia yang menginginkan produk-produk yang mempunyai kualitas murah karena harga terjangkau seperti sayuran dan buah-buahan, ditambah pasar tradisional mulai mirip seperti gerobak sayur, hampir terdapat di setiap sudut tempat tinggal," jelasnya.

Ditempat yang sama Executive Director Retail services Nielsen Research Media Teguh Yunanto menjelaskan, pangsa pasar tradisional 80 persen tersebut bisa menyusut jika beberapa produk yang dijual di pasar tradsional juga dijual di pasar modern.

"Misal, jika rokok dikeluarkan maka pangsa pasarnya hanya 60 persen, jika telur juga dikeluarkan bisa menyusut lagi," ungkapnya.

Namun Ia juga menambahkan penjualan masih akan meningkat karena saat ini reaksi konsumen memang cukup membaik terbukti dari indeks keyakinan konsumen meningkat dari 77 pada April 2009, menjadi 86 pada Oktober 2009.

"Indonesia menjadi negara ke-2 yang positif konsumennya," tambahnya.

Perdagangan modern, lanjutny masih akan semakin kuat pada tahun 2010 walaupun pada kecepatan lebih rendah, menumbuhkan kontribusinya 30% menjadi 37% dalam waktu 5 tahun. "Dan lebih dari 800 outlet-outlet perdagangan modern baru terbuka pada tahun 2009. Hal ini menunjukan bahwa kenyamanan dan kedekatakn memainkan peranan penting dalam pikiran konsumen," tandasnya

Tidak ada komentar: